PROSES SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Data operasional sehari-hari dikumpulkan oleh
sistem pengolahan transaksi (TPS)
dan menjadi sumber data utama dari sistem informasi fungsional, data ini
menjadi bagian utama dari basis-data untuk SIM. Sumber data yang lain bisa
bersumber pada sistem riset yang
melakukan penelitian tentang berbagai hal yang berkaitan dengan organisasi,
misalnya pada sistem informasi pemasaran
maka sistem riset-nya biasa-nya penelitian tentang pasar, tentang penduduk,
tentang produk yang dipasarkan, dsb. Data hasil riset digunakan sebagai bagian
basis-data yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas atau memperbaiki kinerja.
Data yang bersumber dari luar organisasi dapat dijadikan sebagai data tambahan
untuk melengkapi kebutuhan informasi para pemakai. Data-base kemudian di-olah
menjadi informasi oleh sub-sistem dalam organisasi sesuai dengan keperluan sub-unit
kerja-nya.
Ada
empat kategori laporan yang biasanya disediakan oleh SIM, yaitu laporan:
- periodik (periodical)
- insidentil (incidential)
- pengecualian (exceptional)
- perbandingan (comparable)
Laporan periodik adalah laporan yang formatnya telah
ditetapkan terlebih dahulu, dan dihasilkan oleh SIM secara periodik, misalnya
daftar gaji setiap bulan, laporan perkembangan setiap triwulan, laporan akhir
tahun, dsb.
Laporan insidentil adalah laporan yang sewaktu-waktu diminta
oleh manajemen, biasa juga disebut sebagai demand report atau ad-hoc report, formatnya ditentukan pada saat diperlukan,
biasanya terjadi ketika rapat pimpinan memerlukan data penting. Suatu SIM yang
baik harus bisa merespons dengan cepat laporan insidentil, bila tidak mampu
maka SIM ini harus dibangun ulang.
Laporan pengecualian adalah laporan yang hanya muncul pada saat
terjadi sesuatu yang luarbiasa atau tidak normal dalam organisasi, misalnya
ketika terjadi kerugian yang sangat besar, atau ketika terjadi keuntungan yang
sangat besar, dan sebagainya. Ketika pemesanan barang melampaui batas toleransi
misalnya satu minggu, maka jenis barang yang terlambat ini perlu dilaporkan
agar bisa diambil tindakan lebih lanjut
Laporan perbandingan adalah laporan yang menunjukkan perbandingan
antara dua atau lebih dari dua informasi yang serupa untuk bisa dibandingkan,
misalnya perbandingan antara penjualan barang triwulan pertama dan triwulan
kedua, sehingga dapat dilakukan suatu tindakan apabila ternyata ada penurunan.
PERAN STRATEGIS SIMBeberapa peran Strategis SIM bagi sebuah organisasi adalah :
1. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi
- Menurunkan biaya operasi.
- Meningkatkan kualitas dan fitur produk serta jasa
- Meningkatkan proses operasional dan lingkungan kerja.
- Produk atau jasa baru.
- Pasar dan usaha baru
- Produksi, distribusi, atau proses lain yang baru
No comments:
Post a Comment