Algoritma adalah ilmu dasar yang dipelajari mahasiswa IT sebelum menulis sebuah program, dimana didalam algoritma kita belajar menyelesaikan sebuah masalah komputasi dengan lebih terstruktur. Algoritma tidak terikat dengan bahasa pemrograman yang digunakan. Oleh karenanya menjadi sangat penting untuk memahami algoritma dari software yang akan dikembangkan.
Setiap proses yang terjadi
di dalam komputer tidak ada yang magic,
semuanya ada persamaan matematis atau logic
nya, sehingga bisa diuraikan bagaimana sebuah program bekerja dan algoritma lah
yang mempelajari bagaimana proses tersebut diuraikan.
Algoritma juga melatih mindset
seorang mahasiswa agar berfikir lebih sistematis dalam menganalisis dan
memecahkan suatu masalah. Seorang programmer yang sudah ahli biasanya menyimpan
algoritma nya dalam pikirannya dan langsung menulisnya kedalam bentuk program.
Namun bagi yang masih baru dalam pemrograman, memang seharusnya algoritmanya
dituangkan kedalam bentuk tertulis, sebelum menulisnya kedalam program, apalagi
bila program yang akan ditulis cukup kompleks.
Ada tiga pendekatan
algoritma yang biasa dilakukan untuk memecahkan masalah :
1. Bahasa
normal
Contoh : Mencari bilangan terbesar dari dua bilangan yang
diinputkan.
1) Masukkan bilangan pertama
2) Masukkan bilangan kedua
3) Jika bilangan pertama > bilangan
kedua maka kerjakan langkah 4, jika tidak, kerjakan langkah 5.
4) Tampilkan bilangan pertama
5) Tampilkan bilangan kedua
2. Flowchart.
3. Pseudo
code
1) Input bil1
2) Input bil2
3) If bil1 > bil2 then print bil 1
4) Else print bil2
Ketiga pendekatan diatas akan sangat membantu untuk menguraikan sebuah permasalahan kedalam bentuk program jadi.
No comments:
Post a Comment